Isnin, 21 Mei 2012

Binatang2 yang Lutsinar di dunia

Ada banyak hal yang mengagumkan di dunia ini, salah satunya adalah binatang-binatang lutsinar yang ditemukan di dunia. Mungkin ada banyak lagi tetapi di sini mari kita lihat 10 binatang2 yang lutsinar.

1. Ikan Icefish Lutsinar


Ditemukan di kedalaman air di sekitar Antartika dan bahagian selatan Amerika Selatan, ikan icefish (Channichthyidae). Darah mereka lutsinar karena mereka tidak memiliki hemoglobin atau hanya tidak adanya eritrosit (sel darah merah).

Metabolisme mereka bergantung satu-satunya kepada oksigen yang dilarutkan dalam darah cair, yang diyakini diserap langsung melalui kulit dari air. Ini karena air dapat melarutkan zat asam arang pada umumnya pada titik terendah. Dalam lima spesies, gen untuk myolobin di dalam otot juga telah lenyap, menjadikan mereka memiliki jantung yang berwarna putih alih-alih pink. 


2. Ikan Berkepala Lutsinar


Ikan yang hidup di perairan laut dalam yang aneh ini disebut Barreleye (Macropinna microstoma) memiliki kepala yang lutsinar dan mata berbentuk tabung. 


3. Katak Transparan


Asli berasal dari Venezuela, katak gelas termasuk dalam keluarga amfibi Centrolenidae (ordo Anura). Di mana warna latar secara umum dari kebanyakan katak gelas terutama berwarna hijau limau, kulit perut dari beberapa anggota lutsinar, sehingga jantung, hati, dan saluran pencernaan dapat terlihat melalui kulit mereka yang tembus cahaya.


4. Kupu-kupu Transparan


Ditemukan di Amerika Tengah, dari Mexico hingga Panama, Kupu-kupu bersayap kaca (Greta oto) adalah kupu-kupu berkaki-sikat di mana sayapnya tembus cahaya. Jaringan di antara urat-urat sayapnya terlihat seperti kaca. 


5. Cumi-cumi Transparan


Ditemukan di samudera belahan bumi selatan, Cumi-cumi kaca (Teuthowenia pellucida) memiliki organ yang ringan di atas matanya dan memiliki kemampuan untuk melingkar menjadi bola, seolah-olah landak yang hidup di air. Cumi-cumi ini merupakan mangsa dari banyak ikan laut-dalam (seperti hiu goblin) dan juga paus dan burung-burung laut.


6. Ikan Zebra Lutsinar


Ikan zebra lutsinar ini hasil kreativiti para sainstis di tahun 2008 dengan tujuan agar mereka dapat mempelajari proses penyakit, termasuk penyebaran kanser. Ikan transparan ini memudahkan mereka untuk melihat organ dalam ikan dan meneliti proses-proses seperti pertumbuhan tumor.


7. Amphipod Lutsinar


Dinamakan Phronima, haiwan yang ditemukan di pegunungan laut dalam di Atlantik Utara. Dalam strategi ironis untuk bertahan hidup, makhluk seperti udang kecil ini, menunjukkan segala sesuatu yang dipunyai, dalam dan luar, dalam sebuah usaha untuk menghilang.


8. Udang Larva Lutsinar

Anemone shrimp


Ditemukan di perairan sekitar Hawaii, larva udang lutsinar ini menumpang di atas obor-obor yang sama lutsinar.


9. Salpa Lutsinar


Haiwan mirip  obor-obor  ini dikenal sebagai Salpa memakan tumbuhan kecil di air yang dikenal sebagai fitoplankton (marine algae). Mereka lutsinar, berbentuk tabung yang berkisar antara satu hingga sepuluh sentimeter dalam ukuran. 


10. Ubur-ubur Transparan


Obor-obor  merupakan filum Cnidaria yang berenang bebas. Mereka ditemukan di setiap lautan, dari permukaan hingga laut dalam. Banyak  obor-obor lutsinar sehingga mereka hampir tidak dapat dilihat. 


Ini membuktikan betapa ciptaan Allah s.w.t yang sangat luar biasa... Terdapat banyak lagi binatang2 yang lutsinar. Layanzzzz


Juvenile Cowfish di Hawaii

Larval Leaf Scorpionfish di Hawaii

Larval Flounder di Hawaii

Hydromedusa di Antartika

Sotong lutsinar

Beberapa lagi sotong lutsinar

Pelagic Octopus

Sotong lutsinar dengan cahaya merah dan ungu 

Gnathophausia zoea

Amphipod Hyperia Galba

Dryodora Glandiformis

Hydromedusan Jellyfish

Comb Jelly di Antartika 

Obor-obor lutsinar dengan isi oren di Antartika 

Obor-obor bulan (Moon Jellyfish)

Jelly Larva di Antartika 

Antarctic Krill 

Bristleworm di Antartika 

Zooplankton di Antartika 

Sea Butterfly Snail 



1 ulasan: