Sabtu, 19 Mei 2012

Monyet hidung panjang


Monyet berhidung panjang di kenali sebagai Nasalis Larvatus. Ia juga di kenali sebagai “Bekantan” (Bahasa indonesia) ataupun “Monyet Belanda” (Bahasa Melayu). Menurut satu laman web, habitat aslinya adalah di hutan pedalaman Kalimantan.



Ciri-ciri utama yang membezakan Nasalis Larvatus dari monyet lain adalah hidung panjang dan besar. Nasalis Larvatus jantan adalah lebih besar dari betina. Ukurannya dapat mencapai 75cm dengan berat mencapai 24kg. Nasalis Larvatus jantan juga mempunyai rambut pipi bahagian belakang berwarna kemerah-merahan dan bentuk hidung lebih mancung manakala Nasalis Larvatus betina berukuran 60cm dengan berat 12kg dan mempunyai Rambut pipi bagian belakang berwarna kekuning-kuningan serta bentuk hidung lebih kecil. Monyet jenis ini juga memiliki perut yang besar. Selain buah-buahan dan biji-bijian, monyet ini memakan aneka daun-daunan.



Monyet jenis ini merupakan monyet pemalu, dia akan menjauh apabila berhadapan dengan manusia walaupun dihulurkan makanan. Nasalis Larvatus juga hidup berkelompok berjumlah 10-20 ekor. Monyet ini biasanya keluar pada pagi hari mencari makanan dan waktu senja ketika hari ingin menginjak malam. Monyet jenis ini juga dapat berenang dengan baik, kadang-kadang akan berenang dari satu pulau ke pulau lain mencari habitat baru.




Tiada ulasan:

Catat Ulasan