Sabtu, 19 Mei 2012

Si Ikan Muram - Blobfish


Ikan yang mempunyai nama latin Psychrolutes marcidus ini tinggal di perairan lepas pantai Australia dan Tasmania ini memiliki wajah yang sangat muram. Selalu menyembunyikan diri sehingga jenis habitat ini jarang sekali dilihat oleh manusia. Ini karena Blobfish tinggal pada kedalaman yang memiliki tekanan puluhan kali lebih tinggi daripada permukaan air laut.


Blobfish hidup dikedalaman antara 600 - 1.200m dimana tekanannya tinggi daripada di permukaan laut yang kemungkinan akan membuat gas kandung kemih tidak efisien untuk mempertahankan daya apung. Sebagai gantinya, daging Blobfish yang berbentuk agar-agar. Inilah yang menyebabkan Blobfish dapat melayang di air tanpa mengeluarkan tenaga.


Ikan ini memiliki panjang sekitar 30 cm atau sekitar 12 inch. Blobfish mempunyai lendirnya sangat berbahaya. Karena itu, lendirnya akan dijadikan alat untuk melindungi dirinya dari sesuatu yang mengganggu. Blobfish merupakan ikan yang sangat jarang bergerak. Ia akan memakan apa saja makanan yang terapung di hadapannya. 

Ada satu fakta aneh tentang ikan ini, iaitu mereka akan benar-benar duduk di atas telur-telur mereka sampai telur-telur tersebut menetas. 


Tiada ulasan:

Catat Ulasan